Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Kapal Laut Terbesar di Dunia Diluncurkan di Korsel

    Rancangan Prelude (sumber: Shell)
    Seoul - Kapal laut atau lebih tepatnya fasilitas terapung terbesar di dunia diluncurkan di Korea Selatan, Selasa (3/12). Kapal yang dinamai Prelude itu punya panjang 488 meter, atau lebih panjang dari empat lapangan sepak bola yang disejajarkan.
    Meski pembangunannya belum rampung, kapal milik perusahaan minyak Shell itu sudah mengambang untuk pertama kalinya di perairan Korsel. Prelude dibangun di galangan kapal Samsung Heavy Industries, Geoje, Korsel.

    Rencananya Prelude akan menjadi fasilitas produksi gas alam cair terapung (FLNG) Shell di perairan sebelah barat Australia. Prelude memang dirancang untuk menjadi kapal yang kokoh, karena tempatnya beroperasi kelak adalah lautan yang terkenal dengan ombak ganas dan kerap diterpa badai siklon.
    Menurut para analis, pembangunan Prelude menghabiskan dana sekitar 12 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 144 triliun. Kapal yang juga fasilitas gas itu akan mulai berproduksi pada 2017.
    Jika dibandingkan dengan gedung-gedung pencakar langit di dunia, Prelude masih lebih panjang timbang menara kembar Petronas di Malaysia yang tingginya hanya 452 meter.
    Dibandingkan dengan kapal laut lain, Prelude juga jauh lebih unggul. Kapal pesiar Queen Elizabeth 2 misalnya, hanya punya panjang 294 meter. Kapal induk terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Nimitz pun panjangnya hanya 333 meter.
    Penulis: Liberty Jemadu/BER
    Sumber:Reuters

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728